Khasiat & Manfaat Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan

Tuesday, February 14th, 2017 - Health

Tanaman Binahong (Anredera cordifolia) dalam bahasa Cina dikenal dengan “dheng san chi”, sedangkan di dunia internasional dikenal sebagai “ heart leaf madeiravine”. Dalam klasifikasinya, binahong termasuk dalam famili Basellaceae.

Tanaman Binahong memiliki ciri-ciri daun yang berbentuk seperti jantung (cordata) dan merupakan daun tunggal, tulang daun menyirip, letak daun berselang-seling, ujung daun meruncing dan pangkalnya membelah, tepi daun rata dan ada beberapa yang bergelombang, dan permukaan dan halus dan meruncing.

Binahong

Daun Binahong

Akar (rhizoma) binahong tumbuh mendatar dan bercabang. Rhizoma merupakan penjelmaan dari batang yang dapat bertunas sehingga dapat tumbuh kembali menjadi tumbuhan baru. Rhizoma binahong berfungsi sebagai tempat cadangan makanan dan alat perkembangbiakan. Bentuknya beruas-ruas atau berbuku-buku dan berdaun. Terkadang tumbuh di permukaan tanah.

Morfologi bunga binahong memiliki bunga majemuk berbentuk tandan, bertagkai panjang, muncul di ketiak daun, dan memiliki mahkota bunga berwarna putih berjumlah lima helai dan tidak berlekatan, panjang mahkota sekitar 0,5 – 1 cm.

Zat Yang Terkandung Pada Tanaman Binahong
Zat antioksidan yang mampu menagkal radikal bebas yang menyebabkan zat karsinogen memicu sel kanker.
Zat alkoloid yang mampu mengobati penderita diabetes, karena memiliki sifat hipoglikemik yang akan menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Saponin yang memberikan penurunan terhadap kadar kolesterol yang menyehatkan jantung.

Manfaat daun binahong untuk kecantikan

Manfaat binahong untuk kecantikan

daun binahong untuk wajah jerawat


Tanaman binahong dapat digunakan pada kulit wajah. Kulit wajah manusia memiliki banyak sekali masalah. Salah satu masalah yang paling menjengkelan di kalangan remaja adalah jerawat. Daun binahong memiliki manfaat yang sangan bagus dalam mengatasi jerawat. Daun binahong dapat merontokkan (menghilangkan) jerawat termasuk jerawat batu yang membandel yang menyebakan memerah dan menyebabkan bopeng di wajah.

Cara pengaplikasiannya, daun binahong ditumbuh halus dan dijadikan sebagai masker wajah yang berjerawat. Selain itu, daun binahong dapat direbus dan dikonsumsi sebagai minuman untuk asupan antioksidan dalam tubuhh sehingga menunda penuaan dini. Air rebusan binahong dapat juga dibasuh pada wajah sehingga dapat mengecilkan pori-pori.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan

Manfaat Binahong Untuk Kesehatan
Untuk kesehatan, daun binahong memiliki banyak manfaat mengobati berbagai penyakit. Berikut beberapa penyakit yang dapat disembuhakan dengan mengkonsumsi daun binahong.
1. Mempercepat pemulihan setelah operasi, melahirkan, dan semua luka dalam atau peradangan organ dalam
2. Menormalkan kembali tekanan darah dalam tubuh
3. Mencegah pembentukan tumor dan kanker
4. Mencegah rematik, flu tulang, dan sakit persendian
5. Melancarkan uang air kecil dan buang air besar
6. Mengembalikan vitalitas daya tahan tubuh
7. Wasir (Ambeien)
8. Mencegah stroke
9. Sariawan berat
10. Diabetes
11. Pusing
12. Mimisan
13. Sakit perut
14. Pegal-pegal
15. Gatal-gatal
16. Penghangat badan
17. Maag dan asam urat
18. Menghilangkan jerawat
19. Menjaga kekebalan tubuh
20. Menurunkan kolestrol tinggi

Efek Samping Daun Binahong

Ramuan yang mengandung efedrin yang disebut ephedra terkait dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung, gangguan otot, kejang, stroke, denyut jantung tidak teratur, kehilangan kesadaran, dan kematian. Setiap herbal atau obat-obatan yang mengandung efedrin harus diambil dengan hati-hati dan di bawah pengawasan seorang profesional medis. Daun binahong juga dapat menyebabkan pusing, gelisah, lekas marah, insomnia, sakit kepala, kurang nafsu makan, mual, muntah, flushing, kesemutan, kesulitan buang air kecil, dan detak jantung berdebar.

Jangan pula gunakan binahong dengan stimulan lainnya seperti kafein. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan memiliki efek samping, termasuk mengancam jiwa. Sumber kafein termasuk kopi, teh, kacang kola. Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi daun binahong. Selain itu dapat menyebabkan nyeri dada (angina) sehingga jangan mengkonsumsi binahong jika penderita memiliki penyakit angina.

Nah, banyak bukan khasiat, manfaat, dan fungsi dari daun binahong ini? Masih ragu untuk mengkonsumsinya? Karena banyaknya manfaat dari daun binahong ini, sebagian masyarakat di Indonesia memilih untuk menanam sendiri di kebun rumah mereka lho.

Cara menanam tanaman binahong ini cukup mudah, dan cocok dijadikan sebagai tanaman hias di depan rumah. Caranya, aAmbil salah satu ruas tanaman binahong yang lengkap memiiki daun dan rhizoma, lalu letakkan di atas permukaan tanah dan disiram secara teratur setiap hari. Tumbuh deeeeh.

Khasiat & Manfaat Binahong Untuk Kesehatan & Kecantikan | sebening embun | 4.5