Ada Sungai di Atas Sungai, Jembatan Air Unik Magdeburg

Sunday, June 14th - Wisata

Kalau biasanya jembatan diperuntukkan bagi manusia, lain halnya dengan jembatan di Jerman satu ini. Jembatan unik ini khusus dibangun untuk mengalirkan air kanal untuk melintasi sungai lain di bawahnya. Jadi terlihat seperti ada sebuah sungai yang mengalir di atas sungai lainnya.

Magdeburg Water Bridge, demikian nama jembatan air terpanjang di dunia ini. Magdeburg Water Bridge yang didesain khusus supaya dapat dilalui kapal ini menghubungkan kanal Elbe Havel ke kanal Mittelland. Jembatan ini juga dikenal sebagai salah satu simbol bersatunya kedua jerman antara Jerman Barat dan Jerman Timur pasca berakhirnya perang dunia 2. Letak jembatan ini persis diatas sungai Elbe.

Jembatan Air Terpanjang di Dunia

Magdeburg Water Bridge, jembatan air tepanjang di dunia (foto: amusingplanet)

Pada awalnya jembatan air ini pertama kali dibangun di tahun 1930. Meletusnya perang dunia ke 2 membuat pengerjaannya menjadi terhenti. Apalagi kemudian Jerman terpisah menjadi 2 negara yang berbeda. Pembangunannya pun menjadi terbengkalai. Di tahun 1997 pembangunannya dilanjutkan kembali. Akhirnya jembatan ini beroperasi dan diresmikan tahun 2003.

Meskipun jembatan unik ini bukanlah satu-satunya jembatan air yang ada di dunia, namun jembatan ini memiliki rekor sebagai jembatan air paling terpanjang di dunia. Panjang jembatan air Magdeburg mencapai 918 meter secara keseluruhan. 690 meter jembatan terletak di atas tanah dan selebihnya berada di atas sungai Elbe. Di sisi kanan dan kiri jembatan dibangun juga jalan agar bisa dilalui oleh para pengendara sepeda serta pejalan kaki.

Jembatan Air Unik Magdeburg di Jerman

Jembatan air unik Magdeburg di negara Jerman (foto: amusingplanet)

Baca juga: Alat Transportasi Unik di Dunia

Fungsi utama jembatan air ini ialah sebagai jalan dan sarana transportasi bagi kapal dalam membawa berbagai barang dari daerah timur ke bagian barat negara Jerman. Dengan lebar 35 meter dan kedalaman 4,5 meter membuat jembatan air Magdeburg dapat dilintasi kapal. Ya, berbagai kapal-kapal bermuatan besar kerap terlihat melintasi jembatan air ini.

Sebelum adanya jembatan indah ini, proses penyaluran barang membutuhkan waktu yang lebih lama. Kapal cargo yang akan mengirim barang harus memutar terlebih dahulu sejauh lebih dari 10 km. Jalur lintasannya mulai dari kanal Mitteland lalu turun ke sungai Elbe melewati Rothense boat lift dan untuk selanjutnya menanjak lagi ke kanal Elbe. Kini, hal itu tak terjadi lagi sehingga jarak tempuh menjadi semakin pendek.

Nah, jika Anda berkunjung ke jerman, tidak ada salahnya mengunjungi jembatan air unik Magdeburg ini. Hitung-hitung melihat sesuatu yang baru di negeri orang sambil berwisata.

/* */