Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat

Monday, September 25th, 2017 - Wanita

Mudahnya Membasmi Jerawat dengan Tomat

Jerawat tidak selalu ditimbulkan oleh kotoran yang menumpuk di wajah alias jarang membersihkan wajah. Ada pula orang-orang yang masih berjerawat meskipun selalu membersihkan wajah dengan teratur di pagi dan malam hari. Penyebab jerawat bermacam-macam, mulai dari faktor genetik hingga makanan. Salah satu penyebab jerawat yang paling nyata dan kerap dialami banyak orang adalah produksi minyak berlebih pada wajah. Bagi yang memiliki wajah berminyak, jerawat sepertinya sudah tidak asing lagi, bukan?

Wajah berminyak memang harus diatasi dengan menggunakan produk-produk kosmetik khusus untuk wajah berminyak. Cara lain dalam mengatasi produksi minyak berlebih adalah mengurangi konsumsi makanan berlemak. Makanan yang tinggi lemak bisa memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak hingga berlebih. Akibatnya, muncullah jerawat di wajah. Jika jerawat sudah bermunculan, banyak orang yang langsung membeli produk perawatan jerawat. Ketika produk-produk tersebut tidak bekerja sesuai dengan yang diharapkan, biasanya hal itu menimbulkan stres. Sayangnya, stress justru bisa meningkatkan produksi minyak dan keringat.
Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan tomat

Menghilangkan jerawat dengan produk-produk kosmetik memang tidak masalah. Tetapi, ada baiknya jika kita juga mencoba menghilangkannya dengan bantuan bahan alami. Cara menghilangkan jerawat dengan tomat adalah salah satu cara yang paling ampuh dalam mengusir jerawat membandel. Meskipun kecil, tomat memiliki segala kandungan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Warna merah pada tomat yang berasal dari zat likopen berkhasiat melindungi kulit dari pancaran sinar UVA dan UVB. Kemudian, likopen akan mendorong proses regenerasi sel-sel kulit yang sudah mati. Tentunya, tomat juga bisa menjadi obat penghilang bekas jerawat karena likopennya mampu mencerahkan kulit dengan produksi kolagennya. Jadi, apakah tomat bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya? Bisa!

Tomat juga memiliki zat alami yang mampu mengembalikan keelastisan kulit. Zat ini akan mengecilkan pori-pori kulit wajah kita. Karena salah satu penyebab jerawat adalah mudahnya kotoran masuk melalui pori-pori yang besar, tak mengherankan jika tomat dipercaya sebagai masker wajah ampuh sebagai pengusir jerawat. Keuntungan lain yang bisa kita dapat dari tomat adalah berkurangnya produksi minyak pada kelenjarnya.
Cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat

Penggunaan tomat untuk menghilangkan jerawat tergantung dari seberapa parah jerawat di kulit kita. Jika hanya ada beberapa jerawat kecil di sekitar area T, potonglah tomat menjadi dua atau tiga bagian. Gosokkan bagian dalam tomat ke daerah kulit yang ditumbuhi jerawat. Saat isi tomat telah menempel di wajah, ganti gunakan tangan yang sudah dicuci bersih untuk memijat kulit dengan lembut. Tujuannya adalah agar zat yang ada pada cairan tomat bisa masuk ke dalam pori-pori wajah. Lakukan pijatan selama beberapa detik, kemudian basuh wajah dengan air bersih.

Jika kondisi jerawat di wajah lumayan parah, dalam arti jerawat berukuran besar-besar dan tersebar di seluruh wajah, maka perawatan menggunakan tomat adalah dengan cara membuatnya menjadi masker tomat. Hancurkan satu buah tomat hingga lembut. Gunakan masker di seluruh wajah dan biarkan hingga satu jam. Masker tomat sebaiknya digunakan tiga hingga empat kali seminggu. Setelah perawatan secara rutin, jerawat akan makin berkurang hingga habis sama sekali.
Cara menghilangkan jerawat dengan masker tomat

Meskipun jerawat sudah hilang, alangkah baiknya untuk terus rutin melakukan perawatan wajah dengan bahan tomat. Cara ini bisa mencegah produksi minyak berlebih dan jerawat muncul lagi. Untuk perawatan rutin, pasta tomat bisa kita buat dengan mudah. Cukup blender tomat dan madu bersamaan. Saat sudah mengental dan bercampur, oleskan pasta tersebut ke seluruh permukaan wajah. Ingat, madu yang digunakan harus madu asli tanpa bahan pengawet atau pemanis. Jika tidak memiliki madu, yogurt juga bisa dicampurkan dengan tomat. Diamkan pasta selama 20 menit di wajah sebelum membilasnya hingga bersih.

Setelah mengetahui khasiat tomat, sebaiknya segera lakukan perawatan dengan menggunakan buah berwarna merah ini. Perawatan yang dilakukan secara rutin tentu akan membuahkan hasil maksimal. Tak hanya jerawat saja, tapi bekas jerawat pun bisa hilang. Selain menggunakan tomat sebagai masker dan pasta, tomat juga harus dikonsumsi. Likopen pada tomat juga bisa bekerja dengan baik ketika tomat dikonsumsi bersama alpukat, telur, atau makanan lainnya yang mengandung minyak nabati.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Tomat | sebening embun | 4.5