Elvira Devinamira Pemenang Kostum Nasional Terbaik Miss Universe ke 63

Monday, January 26th - Selebriti

Selain memperebutkan mahkota, ajang Miss Universe juga memberikan penghargaan khusus pada para peserta. Salah satunya untuk kategori kostum nasional terbaik. Meskipun terhenti di 15 besar dan gagal masuk ke top 10 miss universe, Elvira Devinamira, wakil Indonesia berhasil memenangkan kostum nasional terbaik di ajang Miss Universe ke 63 ini.

Dalam kategori best national costume ini, sebelumnya Indonesia masuk dalam posisi top lima besar. Elvira harus bersaing dengan Miss Germany, Miss India, Miss Canada, serta Miss Argentina.
Kemenangan Putri Indonesia di Kategori Best National Costume

Kemenangan Elvira untuk kategori tersebut, memang sudah diperkirakan banyak kalangan. Soalnya kostum yang dipakai Puteri Indonesia itu mampu memukau publik dunia.

Penentuan kostum terbaik (the best national costume) ditentukan lewat voting secara online melalui media sosial Twitter. Wakil Indonesia ini berhasil mengalahkan 87 peserta lainnya.Elvira mengenakan kostum bertema Borobudur hasil karya Dynand Fariz dari Kember Fashion Festival. Bobot kostum ini mencapai hingga 20 kilogram.

Kostum yang bertajuk ‘The Chronicles of Borobudur’ tersebut telah disiapkan sejak September 2014. Lama waktu pengerjaan hanya dua pekan saja. Materi bahan yang digunakan terdiri dari kain, payet, spons, rangka besi, dan ditambah perak dari Yogyakarta sebagai aksen lempeng di sekitar kostum. Sementara kain yang digunakan dari jenis tafeta sutra, songket, dan tenun.

Selain penghargaan untuk kostum nasional, penghargaan khusus juga diberikan kepada Miss Congelianity Universe dan Photogenic. Wakil dari Nigeria, Queen Celestine, ditunjuk sebagai Miss Congeniality. Sementara Miss Puerto Rico Gabriela Berrios membawa pulang penghargaan sebagai Miss Photogenic.

/* */