Hutan Taman Perkotaan Terbesar di Berbagai Belahan Dunia

Saturday, December 27th, 2014 - Wisata

Masyarakat yang bermukim di kota-kota besar hidup dan bekerja dalam sistem yang menjemukan. Mereka tersandera oleh rangkaian jalan beton setiap harinya. Hal ini tentulah amat melelahkan. Bagi warga kota megapolitan, nuansa pemandangan hijau merupakan lokasi yang penting untuk dibuat di dalam tatanan perkotaan.

Sebuah riset yang dilakukan oleh para peneliti di University of Exeter Medical School selama 18 tahun, ditemukan bahwa orang-orang yang pindah ke kawasan yang lebih banyak terdapat ruang terbuka hijau menjadikan mereka lebih bahagia dan sejahtera.

Nah berikut ini sebeningembun sajikan beberapa taman alam yang indah yang hadir di tengah-tengah kota terbesar di beberapa penjuru dunia. Berbagai ruang terbuka hijau ini diakui mempunyai efek yang positif bagi penduduk setempat.

Baca juga: Destinasi Wisata Asia Favorit 2015

Hutan Taman kota Terbesar di Berbagai Negara di Dunia

Gardens by the Bay
Taman kota buatan manusia ini merupakan daerah garis hijau yang membentang di daerah Marina Bay, suatu lokasi yang bersebelahan dengan distrik bisnis Singapore. Disini dapat dijumpai sekurang-kurangnya sekitar 500ribu jenis pohon. Untuk pohon besarnya sendiri sangat mengesankan, ketinggiannya bisa mencapai sekitar 165 kaki.
Sejak dibuka di tahun 2012 yang lalu, saat ini Gardens by the Bay telah menerima kunjungan sekitar 10 juta orang. Taman ini merupakan bagian dari perubahan Singapore sebagai Kota Global yang lebih holistik, demikian ungkap perwakilan dari Gardens by the Bay.

Peningkatan penghijauan dan flora merupakan fokus dari setiap program di taman seluas 101 hektar ini. Pemerintah kota setempat berkeinginan agar kualitas hidup masyarakat Singapore menjadi lebih meningkat.

Lurie Garden, Illinois
Lurie Garden merupakan bagian daripada Taman Millenium Park. Taman ini adalah sebagai simbol perayaan dari moto kota Chicago yaitu “Urbs in Horto”, yang berarti “Kota Surga” yang disimbolkan sebagai rawa-rawa yang hidup dan berada di tengah pusat bangunan kota. Lokasi yang dipergunakan sebagai pengembangan kebun dan taman sebenarnya berada dalam yurisdiksi Illinois Central Railroad. Di titik lain dianggap sebagai lokasi lahan kosong urban.
Tanah yang digunakan untuk mengembangkan kebun dan taman aslinya berada di bawah yurisdiksi . Pada satu titik dianggap sebagai sebuah lahan kosong urban. Di tahun 2004 taman ini (Lurie Garden dan seluruh Millenium Park) mulai dibuka untuk umum. Taman seluas 2 hektar ini sempat mendapatkankan penghargaan dari American Society of Landscape Architects.

Stanley Park, Kanada
Taman ini merupakan ruang terbuka hijau resmi di kawasan Vancouver, Kanada. Stanley Park dibuka pada tahun 1988, tempat bagi tumbuhnya rimbunan hutan kudus. Selain itu disini juga terdapat elang botak, anjing laut pelabuhan, dan juga berang-berang, serta tak kurang dari 500 satwa liar lainnya.
Di taman seluas 405 hektar ini berdiri kokoh pula sebuah pohon Western Red Cedar yang berumur sekitar 800 tahun. Pohon yang dijuluki Hollow Tree ini memiliki ketinggian sekitar 200 kaki.

Promenade Plantee, Perancis
Ruang terbuka hijau ini terletak di Kota Paris. Taman yang memiliki kemiripan dengan taman High Line di New York ini dibangun di bawah jembatan kereta api Vincennes. Lokasinya terbentang dari Place de La Bastille sampai ke Bois de Vincennes. Promenade
Promenade Plantee sempat terlantar di tahun 1969 setelah jalur kereta api disini tidak berfungsi. Kemudian di tahun 1989 pemerintah kota Paris mulai menghubungkan jembatan dan melakukan perbaikan dan penataan di taman seluas 5,5 km ini.

Boston Common, Massachusetts
Boston Common merupakan salah satu taman yang tertua di negeri Paman Sam. Kawasan ini sebelumnya pernah menjadi tempat merumput bagi ternak, sebagai lokasi berkumpul untuk umum, serta sempat pula menjadi kamp pasukan Inggris saat menjelang revolusi Amerika.
Tokoh-tokoh populer yang pernah berkunjung di tengah keramaian taman seluas 20 hektar ini diantaranya ialah Marthin Luther King Junior dan Gloria Steinem.

The Highline, New York
Sebelumnya daerah ini merupakan rel kereta api yang ditinggalkan yang mengambil rute dari 34th Street ke Spring Street. Kereta api terakhir yang beroperasi disini adalah kereta yang membawa produk kalkun beku di tahun 1980. Dulunya kota ini murni sebagai kota industri.
Di tahun 2009 bagian pertama rel dibuka menjadi taman publik. Dan selanjutnya di bulan september 2014 kemarin bagian keduanya juga dibuka untuk umum. Tanaman yang hidup disini tumbuh secara alami sejak seperempat abad yang lalu. Hal itu membuat taman seluas 159 hektar ini semakin indah.

Garden Bridge, Inggris
Ini merupakan taman jembatan, namun masih dalam tahap pengembangan. Lokasinya terletak dari Temple Station ke South Bank Sungai Thames. Nantinya, taman ini juga dapat digunakan sebagai penyeberangan para pejalan kaki. Garden Bridge bagaikan negeri ajaib diatas air yang berada di tengah kota London yang sibuk. Pengerjaan taman ini diperkirakan akan rampung pada 2018 nanti.

Park Garden, Jepang
Lokasi Taman ini dibangun tepat diatas stadion Osaka. Taman atas atap ini memiliki sekitar 500 varietas tanaman. Disini tak nampak sedikit pun polusi asap. Bagian yang unik dari taman ini adalah Urban Farm. Urban farm memungkinkan para masyarakat ikut serta dalam mengelola kebun dengan support dari manajemen taman. Dimulai dari menanam sampai dengan memanen hasil tanaman.

Hutan Taman Perkotaan Terbesar di Berbagai Belahan Dunia | sebening embun | 4.5