Perilaku Unik di Sosial Media Yang Terjadi di Indonesia

Wednesday, February 25th - Lifestyle

Kehadiran sosial media memang sangat populer di indonesia. Sebut saja diantaranya Facebook, Twitter, Google Plus, Youtube, Instagram, Path, dan lain sebagainya. Berdasarkan data dari Sycomos, hingga kini penguna Twitter yang berasal dari Indonesia merupakan yang terbanyak di kawasan Asia. Lain halnya dengan facebook, Indonesia bahkan berada di posisi ke 4 dalam skala global. Posisi teratas ditempati oleh Amerika Serikat, Brazil, dan kemudian India.

Penggunaan jejaring sosial tersebut memunculkan berbagai sikap dan perilaku unik. Kebiasaan yang tak biasa ini mungkin saja tidak terbayangkan oleh para pencipta platformnya. Apa saja kebiasaan dan perilaku-perilaku unik yang paling sering terjadi? Brikut ini ringkasannya.

Kebiasaan Unik dan Aneh Pengguna Sosial Media Indonesia

Ngobrol Tentang Apa Saja, Flirting di Timeline
Masyarakat indonesia sudah terkenal akan keramahannya dan gemar saling bertegur sapa. Kebiasaan unik ini ternyata terbawa sampai ke dunia maya terutama Twitter. Banyak para tweeple (sebutan pengguna twitter) yang melakukan percakapan mengenai segala hal. Mulai dari soal makan siang, beli baju yang murah, sampai pada urusan asmara. Di sosial media yang hanya menyediakan ruang 140 karakter itu juga seringkali ada yang flirting mengajak kopi darat maupun obrolan hal lain yang bersifat pribadi meskipun tak berhubungan dengan informasi publik.

Membuka Toko Online Shop di Instagram
Sebenarnya Instagram bukan diperuntukkan sebagai online shopping, karena platformnya sendiri didesain bukan ditujukan untuk hal itu. Akan tetapi orang Indonesia memang super kreatif. Mereka bisa memaksimalkan medsos ini untuk berjualan secara online. Ternyata banyak juga yang sukses dalam menawarkan dagangannya disini. Pihak instagram sendiri tak melarang aktifitas berdagang yang unik dan tak biasa ini yang mungkin hanya terjadi di Indonesia saja.

Mudah Memberikan Like ke Banyak Page di Facebook
Fenomena pertumbuhan like atau suka di Indonesia memang sangat cepat dan tinggi. Entah mereka benar-benar menyukai sebuah topik, atau hanya latah, maupun sekedar ikut-ikutan saja tak ada yang tahu. Tapi yang jelas Facebooker asal Indonesia sangat gampang sekali untuk menekan tombol like sebagai tanda suka. Mudahnya mereka memberi sebuah jempol ini cukup menguntungkan untuk brand yang berpacu untuk mendapatkan like sebanyak-banyaknya. Prilaku pengguna Facebook Indonesia juga sangat mudah terpancing dalam melakukan like terlebih jika disertai dengan sebuah promo yang berhadiah.

Mengunggah Foto Anak
Foto-foto dari anak kesayangan mulai dari masih bayi, balita, hingga beranjak sekolah juga kerapkali diunggah dan muncul di foto album Facebook seseorang. Konon kabarnya hal ini agak melanggar privasi dari si anak sendiri. Disamping itu juga bisa menjadi berbahaya sebab foto tersebut dapat menjadi sasaran para pedopil yang banyak berkeliaran di dunia maya. Untuk memproteksi akun mana saja yang dapat melihat postingan di akun Facebook sebenarnya sudah tersedia fiturnya, hanya saja terkadang para Facebooker lupa dan tak mau terlalu perduli.

Kultweet
Kebiasaan orang Indonesia selanjutnya adalah suka berbagai pengetahuan ilmu. Tak hanya mengobrol, pengguna linimasa twitter dipakai pula sebagai tempat berbagai pengetahuan kepada para pengikutnya. Tak sedikit pakar dan ahli di bidang masing-masing yang dengan senang hati memenuhi timeline nya dengan berbagai pengetahuan. Umumnya mereka akan menyertai kultweet nya dengan penomoran, malah ada yang sampai ratusan.

Twitwar
Jejaring sosial Twitter juga sering menjadi ajang dalam berdiskusi mengenai sebuah topik tertentu. Terkadang adu argumen yang memanas berujung pada twitwar. Twitwar yang terlampau panas di timeline dikhawatirkan akan menimbulkan ketidakpuasan, perkelahian, atau adu fisik di dunia nyata seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu.

Minta Ijin Follow
Hiruk pikuk timeline twitter ibaratnya sebuah pusat perbelanjaan. Setiap pengguna merupakan penjual yang menawarkan dagangannya. Pada dasarnya timeline merupakan tempat terbuka, semuanya bisa berbicara sesuai tujuan dan kepentingannya sendiri-sendiri. Setiap pengguna dapat menjadi pengikut seseorang yang mereka suka, tidak lagi menjadi pengikut, ataupun memblok akun lainnya. Namun demikian beberapa tweeple terlampau ramah sampai-sampai mereka meminta ijin terlebih dulu saat memfollow seseorang. Tetapi uniknya mereka malah jarang sekali meminta izin jika unfollow akun seseorang. Ini merupakan sebuah perilaku aneh sekaligus lucu. Unfollow kadang berarti menghapus sebuah pertemanan.

Demikianlah artikel mengenai tingkah laku dan kebiasaan unik dan aneh yang banyak terjadi di jejaring sosial pengguna Indonesia. Nah, yang mana yang menjadi kebiasaan kalian dalam berinteraksi di sosial network? Kalau saya sih sangat hobi memberikan tanda suka. 🙂

/* */