Menghilangkan dan Menghapus Tato Permanen Yang Aman Dengan Cara Laser

Wednesday, February 18th - Unik

Teknologi dengan cara laser kini menjadi pilihan banyak orang yang berniat untuk menghilangkan dan menghapus tato permanen nya. Alasan utama orang menghapus tato adalah putusnya hubungan dengan seseorang. Selain itu, penyebab terbanyak lainnya yaitu ketika seseorang sedang dalam proses mencari atau melamar sebuah pekerjaan.

Beberapa deretan artis terkenal seperti Megan fox, Eva longoria, dan Angelina Jolie juga sempat menghapus tato indah nya. Mereka termasuk diantara ribuan orang Amerika yang memilih untuk menghapus tatto di tubuhnya. Angelina Jolie menghapus tato nama mantan suaminya, untuk kemudian menggantinya dengan tattoo koordinat tempat kelahiran keenam orang anaknya. Sedangkan Megan Fox menghilangkan tato di lengannya yang bergambar tato artis cantik Marilyn Monroe.

Pada satu dekade terakhir, operasi dalam menghilangkan tato di Amerika mengalami lonjakan yang tinggi hingga 440 percent. Rata-rata orang menghapus tato di saat umur antara 30 – 40 tahun. Tatto yang kelihatannya tampak begitu keren dan menarik di umur 20an rupanya tidak dianggap sama dikala usia mereka diatas 30an. Oleh karena itu ada baiknya dipikir matang-matang jika kita berniat untuk membuat sebuah tato diwaktu usia kita masih muda. 🙂

Berbagai tehnik dan metode cara menghilangkan dan menghapus tato permanen secara konvensional biasanya menggunakan dermabrasi. Ada pula yang mengelupaskan kulit dengan zat asam. Selain itu dengan menggunting kulit pada tato kemudian menambalnya lewat cangkok kulit. Akan tetapi hal tersebut mengakibatkan luka parut. Prosesnya pun terbilang sangat menyakitkan. Oleh karenanya cara-cara menghilangkan tato permanen seperti itu tak lagi populer saat ini.

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Memiliki Tatto Permanen

Menghapus dan Menghilangkan Tatto Dengan Laser

Kini, cara menghilangkan tatto dengan tehnik laser dianggap lebih efektif. Teknologi laser sendiri sudah digunakan semenjak 20 tahun silam. Dibandingkan dengan teknik lainnya, penggunaan laser juga terbilang aman dan relatif cepat tergantung karakteristik tato itu sendiri. Namun pada beberapa kasus, menghilangkan tato dengan laser terkadang juga membutuhkan terapi berkali-kali dan pengobatan secara bertahap. Hingga saat ini teknologi ini masih terus berkembang mengalami penyempurnaan.

Perlu diingat bahwa tato permanen dibuat dengan menyuntikkan tinta ke dalam lapisan dermis atau lapisan bagian tengah kulit kita. Nah, karena tinta tersebut tak berada di permukaan kulit sehingga mengakibatkan tinta menjadi tidak mudah hilang. Sistem imun tubuh pun tak mampu untuk memecahkan lantaran partikel tinta tattoo yang terlalu besar.

Cara kerja laser dalam menghilangkan tato yaitu dengan memecahkan partikel tinta sehingga menjadi beberapa bagian bagian kecil. Selanjutnya tubuh akan menghilangkan bagian-bagian tinta tadi dan akan dikeluarkan secara alami.

Bermacam-macam warna sinar laser juga digunakan dalam menargetkan berbagai pigmen sesuai dengan tato pada pasien. Laser dengan sinar hijau efektif untuk menghancurkan tinta tato yang berwarna orange dan merah. Sementara sinar merah efektif dalam memecah tinta hitam, merah, dan biru. Selain itu panjang sebuah gelombang laser juga bermacam-macam disesuaikan dengan kepekaan masing-masing warna.

Pigmen tato yang terbilang lebih mudah dihapus adalah yang berwarna hitam. Kedalamannya pada kulit sama dengan panjang gelombang laser. Sedangkan yang lebih sulit dihilangkan adalah tato yang berwarna pastel dan kuning.

Apakah ada yang memiliki gambar tato di tubuhnya? Atau mungkin sedang berniat untuk mencari cara menghapusnya? Jika berencana untuk menghilangkan tato, konsultasikan terlebih dulu dengan ahli bedah yang berpengalaman dalam penghapusan tato.

/* */