Negara Paling Tergelap di Seluruh Dunia Seantero Bumi

Friday, December 19th - Unik

Korea Utara merupakan sebuah negara yang paling tergelap dan tertutup di dunia. Begitu tertutupnya sampai-sampai kita bahkan tak bisa melihatnya dari luar angkasa. Padahal negara ini relatif termasuk luas juga lho. Cakupan wilayahnya sekitar 122 ribu km persegi.

Lantas apa penyebab dan alasan kenapa Korea Utara terlihat tampak gelap gulita kalau dilihat dari foto citra satelit? Belakangan ini Korea Utara memang sedang mengalami keadaan krisis ekonomi, kesulitan pangan, serta pembatasan pasokan listrik. Aliran listrik hanya menyala di siang hari, itupun hanya beberapa jam saja dalam sehari. Nggak bisa dibayangin deh kalau tiap malam kita gelap-gelapan tanpa ada listrik. 😀
negara paling tergelap di seluruh dunia

Menurut The Telegraph, kondisi kereta api listrik di Korea Utara seringkali ngadat, dan berhenti di tengah-tengah perjalanan. Terkadang kereta akan mulai kembali beroperasi setelah beberapa sejam, sehari, atau bahkan dalam rentang waktu dua hari kemudian. Maka tidaklah mengherankan jika diwaktu malam hari tiba, Korea Utara akan terlihat nampak gelap gulita dari atas angkasa.
Korea Utara Negara Paling Gelap Gulita di Dunia

Baca juga: Cuaca Ekstrim Membuat Gunung ini Berubah Menjadi Kerajaan Es Spektakuler

Tidak hanya itu saja, Korea Utara terkenal pula sebagai negri yang paling ‘offline’ di seluruh penjuru dunia. Negara komunis ini bagaikan hilang kontak dari komunikasi dengan kehidupan di dunia luar. Koneksi pada handphone maupun internet teramat sangat jarang ditemui disini. Laporan dari sebuah LSM yang memperjuangkan hak kebebasan pers, Reporters Sans Frontierès, bahkan sampai menamai negri ini sebagai “Lubang Hitam Internet paling terburuk di dunia”.
Korea Utara negara komunis paling tertutup dan tergelap di dunia

Foto malam hari diatas ini dipotret dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Ini merupakan foto yang luar biasa dari negara Korea Utara yang hampir semua wilayahnya nampak dalam keadaan gelap gulita, terlepas dari sejumlah kecil cahaya saja yang berasal dari ibukotanya, Pyongyang. Korea Utara bagaikan diselubungi oleh sesuatu yang pekat :D.

Sedangkan pantulan cahaya yang berasal dari lampu-lampu bisa dilihat dengan sangat jelas di negara-negara tetangga Korea Utara seperti Rusia, China dan Korea Selatan. Bahkan di Seoul sendiri yang merupakan ibukota dari Korea Selatan. Padahal kota ini hanya berjarak sekitar 35 km dari perbatasan kedua korea ini. Terlihat nampak sangat kontras sekali perbedaan diantara keduanya. Unik dan aneh juga ya. Oleh karena itu tak salah jika Korea Utara dianggap sebagai negara paling tergelap di seluruh dunia seantero bumi.

/* */