Penyebab Mata Merah, Pencegahan & Pertolongan

Monday, October 16th, 2017 - Health

Masalah pada mata seringkali diawali dengan gejala mata merah. Banyak orang masih menganggap bahwa mata merah hanya karena mata kemasukan debu. Padahal mata merah dikarenakan pembuluh darah di dalam mata terkena iritasi sehingga membengkak. Kondisi mata yang memerah bisa terjadi hanya di sebelah kanan, kiri, ataupun keduanya. Bisa terjadi pada siapa saja, anak-anak, remaja, orang tua, bahkan pada bayi sekalipun.

Dalam beberapa kasus, mata merah memang hanya disebabkan debu yang masuk ke mata dan bisa diobati dengan obat tetes mata. Namun, jika kondisi mata merah dibarengi dengan mata membengkak, mengeluarkan air, belekan, atau gatal, sebaiknya tidak dianggap enteng. Penyebab mata merah ada banyak sekali, berikut adalah penyebab yang sangat umum terjadi disekitar kita.
penyebab mata merah sebelah kiri kanan

Sebab Mata Merah

Mata Merah Karena Infeksi / Virus
Sakit mata adalah faktor penyebab utama mata merah. Ketika seseorang mengalami sakit mata, virusnya bisa menular ke orang lain. Infeksi sakit mata menyerang membran tipis yang menutupi sclera dan garis kelopak mata. Adanya infeksi tersebut membuat pembuluh darah pada mata membengkak. Maka, muncullah serabut-serabut merah pada bagian putih mata. Pengobatan sakit mata ini memakan waktu cukup lama. Konsultasikan ke dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut agar sakit mata tidak makin parah.

Mata Merah Karena Contact Lens
Saat ini, lensa kontak telah menjadi salah satu aksesories fashion di kalangan remaja. Ditawarkan dalam berbagai warna, banyak sekali remaja yang menggunakan lensa kontak meskipun tidak memiliki mata minus. Sayangnya, perawatan yang salah justru bisa membuat mata kita terancam bahaya. Lensa kontak yang tidak dibersihkan hingga benar-benar bersih bisa membawa banyak kuman dan bakteri ke mata kita.
apa faktor penyebab mata merah
Tak hanya perawatannya saja, sebelum memegang lensa kontak, tangan kita juga harus sangat bersih. Penumpukan kotoran pada permukaan lensa kontak inilah yang mengkhawatirkan bagi mata. Mata merah pun akan menjadi gejala utama dari infeksi mata gara-gara lensa kontak yang kotor. Segera lepas lensa kontak agar infeksi tidak makin parah. Selain gara-gara lensa kontak yang kotor, infeksi juga bisa terjadi jika lupa melepas lensa kontak sebelum tidur. Biasanya hal ini terjadi ketika sangat mengantuk di siang hari, lalu tertidur lama tanpa melepas lensa kontak.

Mata Merah Karena Radisasi
Mata merah juga bisa disebabkan oleh paparan radiasi sinar yang berlebihan, baik ultraviolet maupun sinar yang berasal dari alat elektronik. Saat ini hampir semua pekerjaan atau tugas kuliah membutuhkan kita untuk berkutat di depan komputer atau laptop. Ditambah lagi, saat istirahat, kita justru memanfaatkannya untuk bermain HP.
sebab sakit mata merah
Sinar yang dihasilkan alat-alat elektronik tersebut sebenarnya tidak baik untuk mata. Bekerja di depan komputer membuat mata kita lebih sedikit berkedip. Permukaan mata akan kering jika kita jarang berkedip. Hal itu pun membuat mata pedih dan lelah. Masalah ini bisa diatasi dengan mengistirahatkan mata tiga atau lima menit dari paparan radiasi elektronik. Hindari terus terpaku di depan komputer selama berjam-jam. Agar mata tidak lelah, setiap 60 atau 90 menit, cobalah untuk melihat pemkitangan alami. Jika sedang berada di kantor, manfaatkan jalan ke dapur untuk mengambil air minum sambil mengistirahatkan mata. Lihatlah taman dari jendela karena pemkitangan hijau bisa membuat mata lelah segar kembali.

Pencegahan Mata Merah

Mata merah bisa dicegah dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan. Menjaga kebersihan adalah salah satu kunci utama mata bisa tetap terjaga kesehatannya. Cucilah tangan menggunakan sabun pembunuh kuman sebelum memegang lensa kontak atau sebelum membersihkan kotoran di mata.

Bagi wanita, membersihkan kosmetik hingga bersih pada malam hari juga sangat penting. Mata bisa saja alergi pada zat kimia yang ada pada kosmetik. Ketika membersihkan kosmetik, tidak jarang ada yang masuk ke mata. Penggunaan produk masker wajah juga bisa membahayakan ketika masuk ke mata, biasanya insiden ini terjadi ketika membersihkan masker dengan air. Segera bersihkan mata dengan air bersih dan keluarkan semua kotoran bekas masker atau kosmetik dari mata. Setelahitu gunakan obat tetes mata untuk mencegah sakit mata sekaligus untuk membersihkan kotoran-kotoran pada mata.

Pertolongan Mata Merah

Pertolongan pertama ketika mata mulai merahadalah dengan mengistirahatkannya. Jika mata merah karena terlalu lelah menatap layar komputer dan ponsel, segera cari pemandangan alami. Hindari bermain ponsel ketika beristirahat dari pekerjaan di depan komputer.

Tingkat mata lelah yang sudah parah akan membuat kepala pusing dan ada rasa sakit di bagian atas mata. Mengucek mata tidak akan menolong mata merah, justru dapat memperparahnya. Jadi, hindari mengucek mata ketika mata merah karena lelah. Cukup tutup kedua mata agar mata beristirahat. Kita juga bisa mengompres mata dengan handuk atau saputangan dingin selama beberapa menit.

Penyebab Mata Merah, Pencegahan & Pertolongan | sebening embun | 4.5