Rahasia Kunci Sukses Orang Minang di Tanah Rantau

Tuesday, March 3rd - Lifestyle

Orang Minang atau biasanya sering “hanya” disebut orang Padang pergi merantau ke berbagai tempat merupakan sebuah proses dalam membangun kehidupan yang lebih mapan. Bagaikan benih yang harus punya lahan dan beberapa proses agar dapat tumbuh. Bagi orang Minang kampung halaman merupakan lahan tempat bersemainya bibit. Lalu bibit ini dikembangkan dan ditanam di daerah lain supaya dapat memanen hasil yang makin besar pula. Mungkin seperti itu perumpamaannya.

Umumnya para pemuda Minangkabau rata-rata merantau ke tempat lain tanpa modal dan bekal yang memadai. Akan tetapi, hebatnya, mereka mampu bertahan dan menyesuaikan diri dengan cepat. Bahkan sering kali sebagian daripada mereka tinggal dan menetap di perantauan karena memang usaha yang mereka geluti berjalan lancar dan sukses.

Sejak lama orang Minang sudah dikenal sebagai perantau yang tangguh dan ulet. Mereka merantau hampir ke seluruh penjuru Nusantara. Bahkan banyak juga yang mengadu nasib sampai ke luar negeri. Mereka pandai berdagang dan pintar berbisnis. Dengan banyaknya pengusaha asal Minang / Padang yang sukses di rantau pastilah membuat kita penasaran. Timbul sebuah pertanyaan besar, mengapa mereka selalu sukses? bagaimana resep dan apa rahasia kesuksesan mereka sehingga mampu bersaing dan bertahan di perantauan?

Rahasia Sukses Orang Minang di Perantauan

Alam Takambang Jadi Guru
Pepatah rahasia bisnis orang minang (padang) ini memiliki arti bahwa alam yang membentang dapat menjadi guru atau sebuah petunjuk. Kalimat filosofi ini menekankan bahwa salah satu sumber pembelajaran manusia dalam menjalani kehidupan dapat berasal dari kejadian fenomena alam. Alam semesta yang selalu bersifat dinamis dan terus bergerak sehingga akan ada kemungkinan terjadinya sebuah perubahan. Dengan menerapkan alam takambang jadi guru banyak orang dari etnis Minang yang mampu berbisnis di tanah rantau. Alam serta pengalaman perjalanan hidup menjadi guru terbaik bagi kesuksesan orang suku Padang. Mereka berpikir sangat kreatif.

Adat Basandi Syarak, syarak basandi kitabulah
Makna tersirat dari kalimat diatas jika diamalkan maka akan memberikan kita pada sebuah kesuksesan dunia dan akhirat. ini merupakan sebuah adat yang berlandaskan syariat dalam agama Islam. Melalui didikan adat dan agama yang tertanam kuat semenjak usia dini sehingga tidaklah mengherankan jika orang Minang menjadi unggul sebab segala perilaku mereka selalu berlandaskan pada prinsip-prinsip ajaran agama.

Dima Bumi Dipijak Disinan Langi Dijunjuang
Kalimat ini tentu kita sudah kenal bukan? Dalam bahasa Indonesia bermakna dimana bumi dipijak maka di situlah langit dijunjung. Resep sukses berdagang dari ranah Minang pada pepatah ini memiliki pesan tersirat yang mendalam. Tiap-tiap orang Minang akan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar dan mematuhi aturan-aturan setempat. Filosofi ini juga diterapkan orang-orang dari keturunan Minang saat mereka berbisnis. Produk dan dagangan mereka sesuaikan dengan keadaan serta permintaan pelanggan. Maka tidak heran jika banyak orang minang yang maju dengan menerapkan nasehat ini.

Indak Ado Rotan Aka Pun Jadi, Indak Kayu Janjang Dikapiang
Ya, tak ada rotan akarpun jadi. Peribahasa ini menjadi motivasi tersendiri sekaligus semangat untuk maju yang pantang menyerah. Secara tak langsung pepatah ini akan membuat orang Minang supaya dapat menerapkan imajinasi mereka sehingga menjadi kreatif dalam merintis karier maupun bisnis.

Baraja ka Nan Manang, Mancontoh Ka Nan Sudah
Ini merupakan nasehat dari para orang tua Minang yang ditanamkan kepada anak-anak mereka. Kalimat ini bermakna agar mereka belajar kepada orang yang telah sukses serta mengambil hikmah dari pengalaman buruk dengan tujuan agar kejadian yang sama tidak terulang kembali. Dalam bisnis hal ini berarti mempelajari bagaimana seorang dapat sukses dan menerapkan metode sukses yang dilakukan para senior.

Takuruang Nak Dilua, Tahimpik Nak Diateh
Artinya Jikalau terhimpit mau di atas, kalau terkurung mau nya di luar. Petuah ini mengajarkan kepada orang Minang bahwa saat mereka sedang dalam kesulitan ataupun mengalami kegagalan, haruslah menggunakan daya kreatif mereka untuk mengubah kesulitan menjadi sebuah peluang dan jalan baru dalam berdagang atau berbisnis.

Demikianlah nasehat petuah dan kunci sukses ataupun rahasia mengapa orang Minang selalu sukses di rantau. Apakan ada yang berminat untuk menerapkan nasehat ataupun petuah diatas supaya dapat menjadi sukses dan maju dalam berbisnis? Mari raih impian, selamat berjuang.

/* */