Rambut Rontok Saat Menyusui? Simak Penyebab & Tipsnya

Wednesday, May 23rd - Health

Apakah Anda sedang menghadapi masalah rambut rontok ketika sedang menyusui? Jika iya, maka tidak perlu khawatir karena Anda tidak sendirian. Banyak diantara ibu-ibu yang juga mengalami masalah yang sama pasca melahirkan. Kerontokan pada periode menyusui ini bisa disebabkan oleh berbagai hal dan salah satu yang utama ialah perubahan hormon.

Kita tahu bahwa rambut menjadi bagian penting bagi seorang wanita, khususnya bagi seorang istri yang mana memang harus selalu dituntut untuk tampil cantik dihadapan suaminya. Oleh karena itu, rambut menjadi bagian penting yang juga harus mendapatkan perawatan khusus.
rambut rontok setelah melahirkan saat menyusui

Bagi perempuan menyusui, kerontokan rambut memang menjadi hal yang umum. Namun demikian, hal tersebut juga tidak bisa dibiarkan terus menerus karena rambut kita akan semakin menipis. Oleh karena itu, kita harus sesegera mungkin untuk menghentikan kerontokan tersebut. Apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan atau saat menyusui?

Penyebab Rambut Rontok Pasca Melahirkan
Pada dasarnya siklus pertumbuhan rambut bisa dibedakan menjadi dua fase yakni fase tumbuh dan fase istirahat. Pada fase pertumbuhan, siklus tersebut berlangsung selama kurang lebih 3 tahun sedangkan untuk fase istirahat, siklusnya berlangsung selama kurang lebih 3 bulan. Namun demikian, lamanya siklus atau fase tersebut memang tidak mutlak karena setiap orang mempunyai fasenya masing-masing.

Selama pada fase istirahat, rambut biasanya masih berada dalam folikel dan rambut tersebut akan didorong keluar karena pertumbuhan rambut yang baru. Namun demikian, ketika masa setelah melahirkan atau menyusui, kebanyakan rambut masuk dalam fase istirahat yang mana akan terdorong untuk tumbuh kembali selama 3 bulan sampai 6 bulan setelah melahirkan. Dan kebanyakan dari wanita setelah melahirkan akan mendapatkan pertumbuhan normal rambut mereka kembali setelah 6 bulan atau 12 bulan setelah melewati periode melahirkan.
tips rambut rambut pasca melahirkan

Tips Untuk Rambut Pada Wanita Setelah Melahirkan

Jika memiliki rambut yang panjang, kita bisa memangkasnya agar lebih mudah dalam mengaturnya. Kita bisa mencoba gaya atau model rambut terbaru yang menurut kita bagus. Jangan lupa gunakan kondisioner dan shampoo yang memiliki kualitas yang bagus serta membuat rambut kita semakin sehat. Pilih produk yang alami dan sehat untuk menghindari kontaminasi dari bahan kimiawi.

Selain itu juga disarankan untuk menghindari pemakaian sisir yang rapat yang akan membuat rambut tertekan dan tertarik ketika digunakan. Kita juga wajib menambah asupan protein yang mana sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala kita.

Sementara itu, untuk nutrisi kesehatan rambut kita bisa mengkonsumsi biji-bijian, kacang kering dan daging untuk pemenuhan kebutuhan biotin dalam tubuh kita. Selain menyediakan kandungan biotin, makanan tersebut juga mengandung vitamin B6.

Kita juga bisa mengkonsumsi makanan laut dan sayuran sebagai bentuk pemenuhan zinc untuk memperkuat kesehatan rambut dan kulit kepala. Salah satu hal yang juga harus diperhatikan adalah kondisi emosi dan perasaan kita karena kerontokan di masa menyusui juga disebabkan karena stress.

/* */