Tips Cara Menghilangkan Rasa Pedas di Mulut dan Lidah

Tuesday, April 14th - Health

Menyantap masakan pedas memang memberikan sensasi kenikmatan tersendiri. Terlebih bagi mereka para penggemar makanan pedas. Resiko mulut dan perut yang kepedasan pun tak menjadi soal. Memang banyak diantara kita yang menyukai makanan pedas. Namun, terlalu banyak makan sambal/cabe dapat menyebabkan perasaan seperti sensasi terbakar. Rasa terbakar pada lidah atau mulut ini ditimbulkan oleh senyawa capsaicinoid. Pedas yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan.

Banyak yang berusaha menetralkan rasa pedas dengan minum air. Cara ini justru membuat rasa panas/pedas menyebar ke seluruh bagian mulut. Lantas bagaimana cara menghentikan dan mengatasinya? Kita bisa mencoba mengkonsumsi makanan dan minuman seperti dibawah ini untuk mengurangi rasa pedas berlebihan.

Makanan dan Minuman Penghilang Rasa Pedas Terbakar

(foto: thinkstock)

Makanan dan Minuman Penghilang Rasa Pedas Terbakar

Minuman asam
misalnya saja jus lemon ataupun jus tomat juga baik untuk menghilangkan rasa pedas. Kandungan asam pada minuman tersebut mampu mengatasi kepedasan yang disebabkan makanan bersambal. Memakan jeruk nipis juga dapat meredakan rasa pedas. Potong dan hisap jeruk nipis.

Minum Susu
Saat pedas menyerang coba saja minum susu. Kandungan lemak produk susu seperti pada yogur dapat mengatasi dan menetralkan rasa terbakar dalam mulut. Susu mengandung kasein dan capsaicin yang ampuh meredakan rasa pedas. Yoghur akan menurunkan suhu tubuh akibat kepedasan sehingga memudahkan tubuh dalam mencerna makanan.

Selai Kacang
Makanan ini lazim digunakan sebagai olesan pada roti. Tapi belum banyak orang tau jika selai kacang dapat dijadikan sebagai penetral rasa pedas. Sama halnya dengan produk susu, selai kacang juga mengandung lemak sehingga dapat untuk mendinginkan rasa pedas didalam mulut/lidah.

Gula
Saat rasa pedas menyerang jangan minum air mineral. Capsaicinoid berbahan dasar minyak, oleh karena itu ia tak bisa dihilangkan oleh air. Kita bisa mencoba menghilangkannya dengan gula. Taburkan gula pada lidah, dan hisap perlahan sampai mencair.

Nasi/Roti
Nasi merupakan salah satu makanan pokok masyarakat kita. Roti/nasi mampu menyerap rasa terbakar yang diakibatkan oleh cabai. Butiran nasi bisa menarik rasa pedas di mulut. Hal ini akan sedikit meredakan kepedasan di mulut.

Minyak Zaitun
Kita bisa menggunakan minyak zaitun untuk ‘mencuci’ mulut yang kepedasan. Minuman saja beberapa sendok untuk mengatasi kepedasan kita.

Itulah tips cara menghilangkan rasa pedas di mulut dan lidah dengan beberapa makanan dan minuman yang dapat kita manfaatkan sebagai cara ampuh dan jitu untuk mengatasi sensasi terbakar akibat rasa pedas yang berlebihan, semoga bermanfaat.

/* */