Tips Resep Cara Rahasia Kecantikan Wanita Jepang Merawat Kulit Tubuh

Sunday, February 15th - Health

Jepang merupakan sebuah negara dengan budaya yang unik. Demikian pula dengan pesona dan daya tarik para wanita-wanitanya. Kulit wanita Jepang terkenal akan keindahan dan kelembutannya. Ya, salah satu ciri khas wanita jepang adalah memiliki kulit yang halus dan mulus.

Rahasia dan kebiasaan para wanita Jepang dalam merawat kecantikannya layak untuk diikuti. Hitung-hitung, daripada menggunakan beragam alat kosmetika ataupun krim wajah yang belum tentu jelas efek dan khasiatnya, lebih baik memakai bahan-bahan alami yang khasiat dan manfaatnya nyata bagi kulit.

Bagi para wanita Jepang, bagian resep terpenting dalam merawat kecantikan kulit bukanlah kosmetik ataupun krim mahal. Perempuan Jepang lebih memilih menggunakan pembersih kulit yang sesuai untuk kulit mereka. Bila kulit tak dibersihkan dengan benar, maka perawatan yang lainnya menjadi tidak efektif. Penting bagi mereka untuk selalu membersihkan kulit di setiap pagi dan malam hari, bahkan ketika mereka tidak menggunakan make up.

Baca juga: Tips Cara Perawatan Wajah Dengan Menggunakan Masker Alami Buah Anggur

Tips cara rahasia resep cantik perempuan ala Jepang dan kebiasaan para wanitanya dalam menjaga dan merawat keindahan kulit tubuh

Menghindari Makanan Berlemak, Daging dan Gula
Diet ala Jepang merupakan salah satu cara yang membuat kulit menjadi cantik dan indah. Para wanita Jepang sangat anti dengan makanan yang berlemak dan bergula serta cenderung menghindari daging. Namun mereka sangat menyenangi sayuran dan ikan segar yang banyak mengandung asam lemak omega 3 yang akan membantu menjadikan kulit terlihat awet muda.

Teh Hijau
Perempuan jepang terbiasa minum teh hijau (matcha). Teh hijau ini terbukti secara klinis dapat bersifat antibakteri, antioksidan, dan anti inflamasi. Uniknya, dibandingkan dengan teh hijau biasa, matcha mengandung antioksidan sepuluh kali lebih besar. Berbagai jenis hidangan dapat ditambahkan dengan matcha. Kue ataupun milkshake juga bisa ditambahkan dengan matcha.

Air Beras
Para geisha (cewek seniman penghibur tradisional Jepang) menggunakan bekatul dalam melembutkan rambut dan kulit. Mereka menggunakan air bekas cucian beras untuk mandi. Air cucian beras diketahui mengandung antioksidan dan emolien alami. Hal ini dapat berguna dalam melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV). Selain itu dapat pula memelihara kulit serta mengurangi kulit keriput.

Minyak Bunga Camelia
Untuk menghapus dan membersihkan riasan dari make up, wanita Jepang biasanya menggunakan resep dari minyak bunga camelia. Khasiat alami minyak camelia yaitu mencegah penuaan dini dan mengembalikan kelembaban kulit.

Rutin Melakukan Perawatan Kulit
Di Jepang, wanita-wanitanya tidak menggunakan banyak produk kosmetik. Namun demikian kebiasaan mereka adalah senang melakukan perawatan kulit dengan rutin setiap harinya. Saat pagi hari mereka tak pernah melewatkan waktu dalam membersihkan wajah, lalu memakai lotion pelembab, dan serum. Begitu pula saat malam hari sebelum tidur.

Menghindari Matahari Langsung
Sinar matahari merupakan penyebab penuaan kulit yang paling utama. Perempuan Jepang lebih memilih menggunakan topi khusus pelindung matahari ketimbang memakai tabir surya (sun block). Seandainya memang harus berada dibawah paparan sinar matahari, mereka akan menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi.

Tidak Meletakkan Sesuatu Yang Tak Bisa Dimakan Pada Wajah
Ini artinya mereka akan sebisa mungkin menghindari penggunaan kosmetik dengan bahan kimia lainnya pada wajah. Kulit memiliki lubang pori-pori sehingga apapun yang kita tempatkan padanya akan masuk ke dalam aliran darah. Oleh karena itu mereka juga tak menyukai make up yang menyumbat pori-pori mereka. Mereka tidak akan sembarangan meletakkan sesuatu di kulit mereka jika barang yang diletakkan di kulit mereka tersebut tidak dapat dimakan. Intinya perempuan Jepang senang akan keindahan yang sederhana, alami, dan bisa dimakan. 😀

Lotion Masker
Tempo dulu para geisha menggunakan masker topeng dengan memanfaatkan sepotong kain kimono sutera dengan air bunga yang disuling lalu diletakkan di wajah mereka. Sampai sekarang masker topeng merupakan salah satu rahasia kecantikan perempuan Jepang. Alternatif lain membuat masker topeng yaitu dengan merendam kapas bersama lotion wajah selama 5 atau 10 menit. Lalu terapkan pada wajah kita. Ini akan memberikan kelembaban yang instan pada kulit.

Mandi Berendam
Mandi berendam merupakan kebiasaan wanita Jepang yang digemari. Kegiatan ini dilakukan dengan merendam tubuh pada bak yang berisi air hangat. Mereka akan menggosok tubuh mulus mereka dari ujung kaki sampai kepala. Biasanya mereka menggunakan sabun yang bersifat exfoliating. Sabun ini dapat menghilangkan sel-sel kulit yang mati. Kemudian tak jarang mereka juga akan merendam lagi tubuh molek mereka dalam bak air panas yang diberi berbagai herbal, teh hijau, serta minyak essensial. Ritual kecantikan dengan mandi berendam ini kerap dilakukan para perempuan jepang saat bangun tidur dan sebelum tidur.

Biji Azuki Untuk Scrub
Wanita Jepang juga rutin melakukan ritual kecantikan dengan menggunakan lulur dan scrub. Salah satunya dengan memanfaatkan biji azuki (kacang merah). Cukup ditumbuk sampai halis, lalu digunakan sebagai scrub ketika mereka mandi. Selepas itu mereka menggunakan minyak bunga camelia dan lotion pelembab tubuh.

Vitamin C Dari Buah Jeruk
Kini banyak sekali vitamin C dalam bentuk berbagai suplemen. Walaupun demikian para perempuan jepang lebih memilih mengkonsumsi buah jeruk secara rutin dalam menjaga kecantikan kulitnya.

Kecantikan Dari Dalam
Di Jepang dikenal sebuah konsep yang dinamakan mie nai oshareh. Yang memiliki makna sebagai “keindahan yang tak terlihat”. Kecantikan yang tak melulu harus selalu ditampilkan untuk diperlihatkan. Selain itu para wanita Jepang juga lebih memilih untuk mengenakan gaun favorit, makan makanan yang baik serta memperlakukan diri mereka dengan baik pula. Inilah salah satu pesona dari wanita atau cewek Jepang.

/* */