Muezza, Kucing Istimewa Peliharaan Nabi Muhammad

Friday, October 27th, 2017 - Unik

Kucing adalah salah satu binatang yang diutamakan dalam Islam. Hewan karnivora ini merupakan binatang peliharaan nabi Muhammad SAW. Beliau begitu menyayangi hewan yang satu ini. Bahkan Nabi Muhammad berpesan agar kita menyayangi kucing serta dilarang untuk menganiaya dan menelantarkannya.

Kucing juga merupakan salah satu hewan yang disebutkan dalam hadist. Saking istimewanya kucing, sehingga orang yang menyiksanya juga akan disiksa di neraka. Nabi Muhammad sendiri juga memilih kucing sebagai hewan peliharaanya. Lantas seperti apakah istimewanya kucing peliharaan Nabi Muhammad itu?
Kucing Nabi Muhammad

Mueeza, itulah nama kucing kesayangan Nabi Muhammad. Sang Rasul begitu menyayangi Mueeza. Saking sayangnya kepada kucing ini, bahkan pernah pada suatu hari ketika beliau ingin mengambil jubahnya, si Muezza sedang tertidur pulas di atas jubah Rosululloh. Karena beliau tak ingin mengganggu tidur si Mueeza, beliau rela memotong bagian lengan yang ditiduri oleh Mueeza.

Lalu sekembalinya Nabi Muhammad ke rumah, beliau disambut oleh Mueeza yang tiba-tiba merunduk sujud didepan kaki Nabi Muhammad. Lantas, dengan lembut beliau mengelus badan Muezza dengan penuh kasih sayang sebanyak tiga kali. Nabi Muhammad juga selalu memangku Mueeza ketika beliau menerima tamu.

Keistimewaan Kucing Nabi Muhammad

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Mueeza adalah ia selalu mengeong sewaktu mendengar suara adzan. Dia seolah-olah mengikuti alunan kumandang adzan. Keistimewaan inilah yang membuat Nabi Muhammad begitu menyayangi si Mueeza. Bukan hanya beliau saja yang menyayangi Mueeza. Namun istri beliau, Aisyah, juga sangat menyayangi kucing ini. Aisyah merasa kesepian jika Muezza sedang tak ada dirumah.

Saking istimewanya kucing, Nabi Muhammad berpesan agar para sahabatnya menyayangi kucing dan jangan sampai menelantarkan apalagi sampai menyiksa kucing. Karena hukuman bagi orang yang menyiksa kucing dan menelantarkannya adalah akan disiksa juga di neraka. Bahkan disebutkan dalam hadist shahih Al Bukhori dikisahkan pernah ada seorang wanita yang tak mau memberi makan pada kucingnya, dan tak mau melepaskan kucingnya itu untuk melepaskan agar bisa mencari makan sendiri. Dan Nabi Muhammad menyebutkan bahwa hukuman untuk wanita itu adalah siksa neraka.

Nama kucing Nabi Muhammad

Al-Bukhari

Kucing yang berkeliaran di masjid merupakan hal lumrah di negara-negara Islam seperti Damaskus, kairo, dam juga Turki. Para pengurus masjid atau orang-orang yang datang ke masjid sengaja meletakkan makanan untuk kucing disetiap pojokan di masjid. Karena mereka tahu bahwa kucing adalah binatang yang diistimewakan dalam islam.

Ada banyak sekali kisah heroik yang dilakukan oleh kucing. Meskipun kucing merupakan hewan yang tak sekolah, namun kucing memiliki naluri kemanusiaan yang kuat. Pernahkan anda mendengar tentang kisah kucing yang dipenjara di sel khusus oleh tentara Israel? Kucing merupakan hewan yang paling berperan dalam menyelamatkan warga Palestina. Bagaimana bisa? Apakah itu mungkin? Padahal kucing hanyalah hewan biasa yang tak memiliki senjata.

Ya, itu memang mungkin dan memang pernah terjadi. Pejabat Israel menebutkan bahwa kucing berperan untuk membawakan makanan ringan seperti roti. Dari satu sel ke sel lainnya. Kucing juga berperan untuk mengirim surat dari satu sel ke sel lainnnya. Awalnya kisah heroik dari kucing ini memang tak ketahuan oleh tentara Israel yang menjaga tahanan. Namun lama kelamaan, kucing ini tertangkap. Kemudian mereka dijebloskan ke sebuah penjara khusus kucing.

Sungguh mulia bukan hewan satu ini? Maka tak heran jika Rosululloh menyarankan kita untuk menyayangi kucing dan tak menelantarkan kucing. Sebenarnya masih banyak sekali kisah heroik dari kucing. Namun jika saya bahas di sini, akan berepisode-episode kali ya?

Muezza, Kucing Istimewa Peliharaan Nabi Muhammad | sebening embun | 4.5